Senin, 17 April 2023

ANALISIS PERMAINAN DAN KEBUTUHAN FISIK

 A. Analisis Permainan

Permainan bulutangkis adalah permainan yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih, memukul shutllecock menggunakan raket merupakan cara bermainnya. 

Dalam peningkatan prestasi perlu ada nya analisa yang dilakukan, tujuannya untuk memudahkan atau mengefesienkan metode berlatih. Di era moderen ini semakin maju perkembangan sport scince, teknologi sudah mendukung dalam pelaksanaan latihan. 

Jika melihat sejarah, para atlet bulutangkis terdahulu cakap dalam bermain bulutangkis bukanlah dari hasil latihan seperti sekarang yang sudah mengharuskan menggunakan metode-metode latihan, melainkan hasil alami atau hasil dari bermain-main seperti biasa. Apakah dari bermain saja dapat meningkatkan keahlian atau memperbaiki cara bermain?  Jawaban ya, tergantung orang yang ingin berlatih, bila bermain tujuannya untuk berlatih ingin menambah atau memperbaiki teknik dan bisa mengevaluasi sendiri hasil bermain peningkatan skill akan terjadi. Bila hanya bermain-main saja hanya untuk hiburan atau kesenangan tanpa memikirkan benar atau salah sebuah teknik atau cara bermain tentu saja tidak akan ada peningkatan. 

Bila kita perhatikan sebuah pertandingan maka kita akan dapat melihat bagaimana atlet tersebut memainkan sebuah pertandingan. Disini penulis akan jabarkan bagaimana cara mengamati atau menganalisis serta mempelajari agar dapat menemukan metode latihan yang sesuai. 

Amatilah satu persatu dimulai dari teknik :

Ketika mengamati teknik haruslah mengamati satu persatu jangan secara menyeluruh, maksudnya amati dimulai posisi tangan saat memukul, posisi badan saat memukul, dan posisi kaki saat memukul. Kemudian yang terakhir perhatikan shuttlecok hasil pukulan tersebut. Dengan demikian setelah kita amati satu persatu gerakannya maka akan kita ketahui bagaimana pukulan yang baik dan benar. 

Analisis teknis dan fisik

Bulutangkis adalah olahraga yang aktif, mobile, ekskul is artinya continu atau terus menerus. Karena bulutangkis dimainkan secara individu dan paling banyak 1 pasang maka akan lebih banyak mengeluarkan gerakan. 

Dalam bulutangkia terdapat 2 teknik secara garis besar yaitu, teknik pukulan dan teknik langkah kaki atau lebih sering kita kenal footwork. 

Teknik pukulan dalam bulutangkis sangat beragam dimulai pukulan diatas kepala, pukulan dari bawah, hingga pukulan lurus atau drive. 

Dalam pukulan utama yang harus dikuasai adalah bagaimana caranya agar raket mengenai shutllecock, berarti kebutuhan fisik untuk menguasai teknik pukulan adalah ketepatan. Ketepatan ini dapat dilatih dengan memperbaiki cara memukul hingga benar, biasanya akan dilatihkan pukulan bayangan atau shadow stroke. 

Setelah menguasai ketepatan, peserta didik atau atlet sudah dapat memukul mengenai shutllecock selanjutnya tangan, pergelangan, dan bahu atlet harus kuat, berarti melatih kekuatan. Seteleh memiliki kekuatan yang baik pukulan akan semakin baik pula, dengan semakin kuat tangan akan semakin tercapai kesempurnaan teknik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS PERMAINAN DAN KEBUTUHAN FISIK

 A. Analisis Permainan Permainan bulutangkis adalah permainan yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih, memukul shutllecock menggunakan raket ...